Pengertian komunikasi di dunia bisnis
Komunikasi bisnis adalah pertukaran gagasan, pendapat,
informasi, instruksi yang memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara
personal atau impersonal melalui simbol - simbol atau sinyal.
Peranan komunikasi dapat diformulasikan sebagai berikut :
1. Kendali
1. Kendali
Komunikasi
bertindak untuk mengendalikan perilaku
anggota dalam beberapa cara setiap organisasi mempunyai wewenang dan garis
paduan formal yang harus dipatuhi oleh karyawan.
2.
Motivasi
Komunikasi
membantu perkembangan motivasi dengan menjelaskan kepada para karyawan terkait
hal yang harus dilakukan,bagaimana mereka bekerja baik dan apa yang dapat
dikerjakan untuk memperbaiki kinerja jika kinerjanya dibawah standar
3.Pengungkapan
Emosional
Bagi banyak
karyawan kelompok kerja mereka merupakan sumber utama untuk interaksi
social,komunikasi yang terjadi di dalam anggota-anggota menunjukkan kekecawaan
dan rasa puas mereka.
4.Informasi
Komunikasi
memberikan informasi yang diperlukan individu dan kelompok untuk mengambil
keputusan dengan menentukan alternative.
Tujuan komunikasi bisnis dapat digolongkan menjadi tiga
yaitu;
1. Menginformasikan ( Informing)
Komunikasi
bertujuan memberikan Informasi yang berkaitan dengan dunia bisnis bagi
pihak lain , seperti pimpinan perusahaan ingin mendapatkan pegawai baru yang
kompeten maka ia akan memasang sebuah iklan melalui media baik cetak maupun
elektronik.
Setiap
media pasti memiliki kelebihan dan kekurangan dilihat melalui jangkauan
biayanya, untuk itu harus dicermati dalam memilih iklan sesuai kebijakan maupun
kemampuan internal perusahaan tersebut.
2. Melakukan Persuasi (persuasion)
Komunikasi
ini bertujuan untuk memberikan persuasi kepada pihak lain agar sesuatu yang
disampaikan dapat dipahami dengan baik, terutama dalam hal hubungan dengan
penegasan konfirmasi pemesanan pelanggan atau negosiasi agar setiap pihak
mendapatkan manfaat dan tidak ada yang merasa dirugikan.
3. Kolaborasi (Collaborating)
komunikasi
ini bertujuan melakukan kolaborasi (kerjasama) bisnis dengan pihak lain. Bila
komunikasi bisnis baik maka aktivitas bisnis dapat berjalan dengan baik pula.
Manfaat dari komunikasi bisnis terbagi menjadi dua, manfaat
internal dan manfaat eksternal :
1. Manfaat Internal
Komunikasi
yang efektif di dalam perusahaan dapat menunjang karir eksekutif perusahaan.
beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam mempromosikan suatu jenjang karir
eksekutif supaya proses komunikasi berjalan dengan baik yaitu:
Ò Kemampuan
manajemen
Ò Memiliki
ambisi untuk maju
Ò Kepercayaan
diri
Ò Kemampuan
bekerja keras
Ò Kemampuan
mengambil keputusan yang tepat
Ò Latar
belakang akademis
Ò Kemampuan
berkomunikasi efektif
Ò Berpenampilan
menarik
2. Manfaat Eksternal
Menjalin komunikasi bisnis yang
baik dengan pihak ketiga akan berdampak positif dengan keberhasilan bisnis dan
upaya membangun citra perusahaan di mata masyarkat.
Keberhasilan komunikasi di dalam suatu organisasi akan
ditentukan oleh kesamaan pemahaman antara orang yang terlibat dalam kegiatan
komunikasi. Kesamaan pemahaman ini dipengaruhi oleh kejelasan pesan, cara
penyampaian pesan, perilaku komunikasi, dan situasi (tempat dan waktu)
komunikasi. Komunikasi organisasi biasanya menggunakan kombinasi cara
berkomunikasi (lisan, tertulis dan tayangan) yang memungkinkan terjadinya
peyerapan informasi dengan lebih mudah dan jelas. Efektivitas komunikasi
bisnis, seperti halnya jenis komunikasi lainnya ditentukan beberapa hal :
1. Persepsi
2. Keberhasilan Teknologi Informasi dan Komunikasi
3. Ketepatan
4. Kredibilitas
5. Pengendalian
6. Kecocokan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar