Senin, 15 Oktober 2018

Komunikasi di Dunia Bisnis


Pengertian komunikasi di dunia bisnis
Komunikasi bisnis adalah pertukaran gagasan, pendapat, informasi, instruksi yang memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal melalui simbol - simbol atau sinyal.

Peranan komunikasi dapat diformulasikan sebagai berikut :
1. Kendali
Komunikasi bertindak untuk  mengendalikan perilaku anggota dalam beberapa cara setiap organisasi mempunyai wewenang dan garis paduan formal yang harus dipatuhi oleh karyawan.
2. Motivasi
Komunikasi membantu perkembangan motivasi dengan menjelaskan kepada para karyawan terkait hal yang harus dilakukan,bagaimana mereka bekerja baik dan apa yang dapat dikerjakan untuk memperbaiki kinerja jika kinerjanya dibawah standar
3.Pengungkapan Emosional
Bagi banyak karyawan kelompok kerja mereka merupakan sumber utama untuk interaksi social,komunikasi yang terjadi di dalam anggota-anggota menunjukkan kekecawaan dan rasa puas mereka.
4.Informasi
Komunikasi memberikan informasi yang diperlukan individu dan kelompok untuk mengambil keputusan dengan menentukan alternative.

Tujuan komunikasi bisnis dapat digolongkan menjadi tiga yaitu;
1. Menginformasikan ( Informing)
                                Komunikasi bertujuan  memberikan Informasi yang berkaitan dengan dunia bisnis bagi pihak lain , seperti pimpinan perusahaan ingin mendapatkan pegawai baru yang kompeten maka ia akan memasang sebuah iklan melalui media baik cetak maupun elektronik.
                Setiap media pasti memiliki kelebihan dan kekurangan dilihat melalui jangkauan biayanya, untuk itu harus dicermati dalam memilih iklan sesuai kebijakan maupun kemampuan internal perusahaan tersebut.
2. Melakukan Persuasi (persuasion)
                                Komunikasi ini bertujuan untuk memberikan persuasi kepada pihak lain agar sesuatu yang disampaikan dapat dipahami dengan baik, terutama dalam hal hubungan dengan penegasan konfirmasi pemesanan pelanggan atau negosiasi agar setiap pihak mendapatkan manfaat dan tidak ada yang merasa dirugikan.
3. Kolaborasi (Collaborating)
                                komunikasi ini bertujuan melakukan kolaborasi (kerjasama) bisnis dengan pihak lain. Bila komunikasi bisnis baik maka aktivitas bisnis dapat berjalan dengan baik pula.

Manfaat dari komunikasi bisnis terbagi menjadi dua, manfaat internal dan manfaat eksternal :
1. Manfaat Internal
                Komunikasi yang efektif di dalam perusahaan dapat menunjang karir eksekutif perusahaan. beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam mempromosikan suatu jenjang karir eksekutif supaya proses komunikasi berjalan dengan baik yaitu:
Ò  Kemampuan manajemen
Ò  Memiliki ambisi untuk maju
Ò  Kepercayaan diri
Ò  Kemampuan bekerja keras
Ò  Kemampuan mengambil keputusan yang tepat
Ò  Latar belakang akademis
Ò  Kemampuan berkomunikasi efektif
Ò  Berpenampilan menarik
2. Manfaat Eksternal
Menjalin komunikasi bisnis yang baik dengan pihak ketiga akan berdampak positif dengan keberhasilan bisnis dan upaya membangun citra perusahaan di mata masyarkat.

Keberhasilan komunikasi di dalam suatu organisasi akan ditentukan oleh kesamaan pemahaman antara orang yang terlibat dalam kegiatan komunikasi. Kesamaan pemahaman ini dipengaruhi oleh kejelasan pesan, cara penyampaian pesan, perilaku komunikasi, dan situasi (tempat dan waktu) komunikasi. Komunikasi organisasi biasanya menggunakan kombinasi cara berkomunikasi (lisan, tertulis dan tayangan) yang memungkinkan terjadinya peyerapan informasi dengan lebih mudah dan jelas. Efektivitas komunikasi bisnis, seperti halnya jenis komunikasi lainnya ditentukan beberapa hal :
1. Persepsi
2. Keberhasilan Teknologi Informasi dan Komunikasi
3. Ketepatan
4. Kredibilitas
5. Pengendalian
6. Kecocokan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenal Cicso Paket Tracer

Cisco Paket Tracer adalah aplikasi yang di buat untuk media pembelajaran simulasi alat-alat jaringan komputer,agar dalam proses pembelajaran...